12.7.12

LCT (Landing Craft Tank)/Kapal Landing Tank

LCT adalah sebuah kapal untuk mendaratkan tank pada mulanya. Sekarang LCT banyak dipakai untuk muatan barang niaga, khususnya barang-barang berat. Seperti bahan konstruksi dan juga alat-alat berat. Banyak jasa sewa kapal LCT yang menyediakan layanan pengiriman barang menggunakan kapal LCT.

Sejarah Kapal LCT dimulai saat berlangsung perang dunia II kurang lebih  satu abad yang lalu. Dimulai dari angkatan perang kerajaan Inggris yang saat itu banyak mengalami kekalahan perang darat dikarenakan tak mampu membawa alat-alat perang yang berat menuju ke Eropa daratan. Saat itu Perdana Mentri Winston Churchill mengeluarkan sebuah ide yang cemerlang yaitu bahwa kemenangan perang melawan Jerman tak akan bisa diraih jika tidak menggunakan alat tempur yang memadai.

Untuk itulah diperlukan sarana mengangkut kendaraan perang dari Inggris menuju eropa daratan. Mulailah dibuat rancangan mengenai kapal yang mampu membawa kendaraan perang lapis baja, tank, dan lain sebagainya.

Kapal yang dibuat ini dinamai Tank Landing Craft (TLC) dan sukses menghantarkan tank-tank Inggris ke eropa daratan dan akhirnya mampu mengimbangi jerman dalam perang dunia ke-2. Oleh Amerika Serikat kapal TLC ini ditiru dan juga dibuat di sana. Mulailah Amerika membuat kapal landing dan memodifikasi namanya menjadi Landing Craft, Tank (LCT).

Angkatan Perang Amerika Serikat juga sukses mendaratkan kapal LCT ini di Eropa Daratan dan mereka bersekutu dengan Inggris untuk berperang menumpas Jerman yang sangat berkuasa di eropa pada saat itu dan wilayahnya mencaplok juga wilayah-wilayah negara-negara lain di sekitarnya.

Kapal LCT ini masih dibuat juga oleh AS selepas masa Perang Dunia ke -2 namun dengan nama yang berbeda-beda. Di antaranya ada yang menyebutnya Landing Ship Tank (LST). Kapal Landing ini digunakan juga oleh AS untuk berperang saat pecah perang korea dan juga pada saat perang vietnam.

Di Indonesia Penggunaan kapal landing ini tetap memakai nama yang sama seperti yang semula dinamai di AS, yaitu LCT. Umumnya pengangkutan alat berat dan bahan konstruksi antar pulau di Indonesia menggunakan jasa kapal LCT ini. (red.)
---------------------------------
Baca juga:
Sewa LCT di JakartaKapal LCT Dijual

Google-Anzeigen